Posted in Sukses

Sukses Adalah Ibarat Pohon

Sukses adalah seperti pohon

Apa definisi sukses? Kita akan menemukan banyak sekali definisi sukses. Tapi, jika diibaratkan, Sukses adalah seperti pohon yang baik. Bagaimanakah Pohon yang baik itu? Pohon yang baik adalah pohon yang akarnya menancap kuat ke dalam tanah dan cabangnya kokoh menjulang, dan pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim.

Sukses adalah Seperti Pohon yang Kuat

Dalam dunia tumbuhan, kita mengenal tentang Keseimbangan Akar-Tajuk. Ada Hubungan yang erat antara perkembangan tajuk dengan pertumbuhan akar. Besaran tajuk di permukaan tanah merupakan cerminan dari pertumbuhan akar di bawah tanah.

Jika Sukses adalah seperti pohon, maka ‘tajuk’ adalah yang kita lihat pada diri seseorang berupa ucapan, tingkah laku, perbuatan, dan keahliannya. Sedangkan ‘akar’-nya adalah ilmu, keyakinan, mental, dan repetisi yang ia lakukan. Semakin hebat seseorang dalam melakukan suatu aktivitas di ‘permukaan’, maka pasti semakin baik pula apa yang telah dia lakukan di ‘bawah tanah’. As Above so Below.

Bisa saja di permukaan seseorang terlihat hebat dan memikat, namun apabila tidak didukung oleh ‘akar bawah tanah’ yang kuat, itu hanya topeng saja yang akan segera layu dimakan waktu. Itulah pohon yang buruk.

Orang yang menang lotre, kaya mendadak, tak berapa lama akan jatuh miskin lagi. Kenapa? Karena kekayaan dia merupakan ‘tajuk’ yang tampak dipermukaan. Tidak didukung dengan ‘akar’ yang kuat yaitu Mental kaya.

Sukses adalah ibarat pohon yang baik, bila ‘akar’nya telah kuat dan luas, seberapapun permukaannya ‘dipotong’, ‘tajuknya’ akan selalu tumbuh lagi.

 Banyak pengusaha yang jatuh bangkrut, tapi kemudian bangkit dari bangkrut dan berhasil luar biasa. Ini karena dia telah memiliki ‘akar mental’ yang kuat, sehingga seberapapun ‘tajuk kegagalan’ dan kebangkrutan dihadapi, dia akan terus tumbuh dan bangkit lagi.

Sukses Adalah Seperti Pohon yang Tumbuh

Ketika benih menemukan kelembaban yang pas, dia akan berkecambah, dan akarnya akan muncul terlebih dahulu. Ketika akar telah mampu berpijak pada media, maka batang, cabang, dan daun akan menyusul menyeruak dari kulit benih.

Demikian juga, sukses adalah seperti pohon yang tumbuh. Lingkungan sangat berpengaruh dalam pembentukan mental dan keyakinan seseorang. Apalagi lingkungan sewaktu dia masih kecil. Dan sebelum seseorang itu bisa muncul di ‘permukaan’, kadang dia harus menerima berbagai cobaan dan ujian untuk menguatkan ‘akar’ mental dia.

Semakin banyak akar menyerap unsur hara, maka akan semakin banyak bahan yang dapat digunakan batang dan cabang untuk tumbuh. Dan semakin banyak cabang berarti semakin banyak daun. Semakin banyak daun berarti semakin banyak pula fotosintesis yang terjadi. Ini berarti akar akan tumbuh semakin banyak lagi. Demikian seterusnya.

Apakah seseorang menjadi bodoh karena malas membaca, ataukah seseorang malas membaca karena bodoh? Tidak keduanya. Seseorang yang rajin membaca akan semakin cerdas. Dan bila semakin cerdas seseorang, dia akan semakin rajin membeli dan membaca buku. Sebaliknya, ketika seseorang tidak mau membaca buku, ia tidak akan memiliki pengatahuan. Semakin bodoh dia, maka akan semakin malas pula untuk membaca. Jika diibaratkan, maka seperti pohon yang tidak bisa tumbuh.

Sukses Adalah Seperti Pohon yang Lebat & Berbuah

Pohon yang baik juga bisa sebagai tempat untuk berteduh dari teriknya sinar mentari. Sudahkah keberadaan kita memberi keteduhan dan kesejukan untuk orang lain?

Pohon yang baik juga menghasilkan buah yang bermanfaat untuk manusia. Sudahkah kita memberi manfaat untuk orang lain? Bukankah sebagik-baik manusia adalah yang paling memberi manfaat untuk orang lain.

Demikian Pembahasan mengenai definisi sukses dari sudut pandang yang lain. Semoga bermanfaat. Jika menurut Anda, Sukses adalah?

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *