Posted in Kisah Inspiratif

Kisah Pak Joger Menghukum Penjual Kaos Joger Online

Ada cerita dari temanku yg jual kaos Joger secara online. Jadi dia buat website yang menjual kaos nya Joger. Dibeli langsung dari Joger Bali dan dikirim via pos keluar Bali.

Omzet nya banyak, puluhan juta. Suatu ketika dia mengantar sendiri orderan kaos joger ke seseorang yang menunggunya di terminal Ubung. Ternyata yang order itu polisi. Ya, temanku ditangkap oleh intel Polisi. Kasusnya adalah pelanggaran hak cipta dan menyalahi peraturan Joger. Ternyata temanku sudah diintai berbulan-bulan oleh intel itu. Pihak Joger menyuruh intel tersebut.

Ternyata polisi langsung menggelandang temanku ke rumahnya Pak Joger, tidak ke kantor polisi. Didepan Pak Joger, temanku diberitahu kesalahannya. Ya tadi itu bahwa Joger punya peraturan bahwa produknya tidak boleh dijual online dan dikirim ke luar Bali. Produk joger hanya boleh dibeli di Bali, titik!.

joger online

Pak Joger membeberkan maksud peraturan itu, “Mas, Joger yakin jika membuka outlet di seluruh dunia maka bakal laris manis dan kaya raya. Namun, kekayaan itu hanya milik keluarga Joger saja. Joger kukuh hanya boleh di beli di Bali karena memancing mereka yang diluar Bali untuk datang ke Bali. Mereka yang datang tidak mungkin hanya beli-beli di Joger saja, mereka akan belanja beli-beli di masyarakat Bali. Artinya Joger ingin memberikan dampak kemakmuran bagi warga Bali”.

Kalau Mas nya jualin Joger ke seluruh Indonesia maka orang-orang itu ogah ke Bali. Mereka toh sudah punya produk Joger.

“Maka karena Mas nya salah maka saya tawarkan solusinya, pake cara kekeluargaan atau Polisi?”, sambung Pak Joger. Teman saya minta kekeluargaan. Pak Joger langsung memberikan tugas keluarga untuknya. Tugas itu adalah tinggal di rumah Pak Joger selama seminggu dan kebagian tugas cuci piring serta ngepel. Layaknya keluarga maka setiap makan harus berkumpul bersama. Disanalah temanku memahami benar pokok pemikiran sang Joger yang berjiwa sosial. Visioner untuk Bali.

Ketika seminggu itu usai, temanku diberi bekal uang Rp. 1.500.000 dan ditanya nomor rekening bank nya. Disuruh tanda tangan diatas materai untuk tidak menjual kembali Joger ke luar Bali. Temanku disuruh cari kerja’an atau bisnis lain.

Temanku itu cerita bahwa sudah 2 tahun ini dia selalu mendapatkan transferan dari Pak Joger sebesar Rp. 750.000/bulan. Karena temanku Kristen maka sudah 2 kali natal diberi uang Rp. 1.500.000.

Kisah nyata tentang Pak Joger di atas ditulis oleh Hendra W Saputra

Posted in Inspirasi Hidup

Apa Arti Sukses Menurut Anda?

Apa sih deskripsi atau skala sukses itu menurut Anda?
Kenapa orang bisa berkata, “Dia orang sukses, aku ingin seperti dia”.

Apakah karena ia punya usaha yang cabang atau franchise-nya sudah ratusan outlet, sering nongol di TV, dapat penghargaan dimana-mana. Sukseskah?

Atau sekadar melihat ‘kepemilikan fisik’ seperti rumah, mobil, jalan-jalan di luar negeri, foto penghasilan ratusan juta perbulan, kemudian Anda menyimpulkan bahwa dialah contoh orang sukses?

Jika itu standarisasi sukses menurut Anda, maka pertanyaan saya berikutnya adalah, “Bagaimana dengan seorang buruh bangunan, yang saat pulang rumah dengan pakaian berkeringat, bau tak sedap, membawa tahu petis untuk keluarganya dan kemudian anak-anaknya bergembira menyambut sang ‘pahlawan’ pulang. Apakah dia tidak disebut sukses?”.

Bagaimana dengan…..

Guru miskin di pedesaan yang mengajar sepenuh hati, sukseskah mereka?
Kyai pesantren yang hidupnya pas-pasan, namun santrinya ribuan. Tak bisa disebut sukses?
Ibumu yang hanya ibu rumah tangga. Gak sukses juga?
Karyawan yang loyal berjuang bersama Anda. Tumbal sukses Anda kah?

Mungkin Anda tak tahu, di balik kisah sukses si pengusaha franchise tersebut, banyak ‘tumbal-tumbal’ franchisee yang dirugikan, banyak janji-janji yang diingkari. (kisah nyata)

Mungkin Anda tak tahu, dibalik kepemilikan mobil dan rumah mewah, dia harus ‘menyikut’ rekan bisnisnya, putusnya silaturahim dengan saudaranya, demi mengejar ambisi kata ‘sukses’. (kisah nyata)

Kisah-kisah seperti itu menjadi kelaziman dimana-mana. Karena standarisasi kata ‘sukses’ berlandaskan materi semata.

arti sukses

Jika pencapaian materi menjadi tolak ukur kesuksesan, maka keserakahan menjadi tenaga pendorongnya dan penipuan/kebohongan adalah akselerasinya. Kapitalis adalah sistemnya.

“Aku gak merasa menipu koq”. Lha iya, perasaanmu udah jebol jee. Tahunya “bagaimana aku harus sukses ?”, tak peduli korban-korban di sekitarmu.

“Aku emang bohong ‘kecil’, tapi aku tak berniat merugikan mereka. Ini kan strategi pemasaran”. Itulah awal dari pergeseran value. Maling besar juga dimulai dari maling kecil. Para Koruptor juga awalnya bukan peminta, tapi ‘penerima’ dari atasan. Hingga perlahan materi memanjakan mereka. Uenak tenan…

Sebelum terlambat, kalibrasi standar sukses Anda.
Tentukan rambu-rambu value yang tak boleh dilanggar.
Jaga nurani, jangan ditoleransi dan membuat pembenaran.

Yang halal, belum tentu berkah.
Yang gak halal, sudah jelas gak berkah.

Jika standar sukses berubah, maka Anda akan melihat banyak orang sukses di sekitar Anda dan mungkin pada diri Anda sendiri saat ini. Seperti Om Bob mengatakan, “Sukses bagiku, bisa makan sepiring nasi hari ini”.

Jangan biarkan penilaian orang lain membentuk standar sukses Anda, karena itu hanyalah sukses menjadi tontonan orang lain.

Posted in Inspirasi Keluarga

Kasih Sayang Seorang Ayah Kepada Anak Perempuannya

Video yang sangat menyentuh tentang kasih sayang seorang ayah kepada anak perempuannya. Buat yang sangat sayang dengan ayahnya pasti akan meneteskan air mata waktu nonton video ini. Meski durasinya hanya 3 menit, tapi video ini meninggalkan kesan yang sangat mendalam tentang perjuangan seorang ayah yang ingin membahagiakan anak perempuannya. Langsung saja simak videonya di bawah ini.

Kasih Sayang Seorang Ayah Kepada Anak Perempuannya

Di suatu pagi yang cerah. Seorang ayah mengantar anak perempuannya ke sekolah. Tiba-tiba sang anak perempuan menunjukkan sebuah kertas kepada ayahnya sambil berkata, “Ayah, bacalah ini.”

Kemudian sang ayah membuka kertas itu dan membaca tulisan dari anak perempuan kecilnya itu.

“Ayahku adalah ayah yang termanis di dunia ini..
Ayahku adalah ayah yang paling tampan..
Dia selalu tersenyum..
Dia sangat cakap..
Dia juga sangat baik..
Dia adalah Supermanku..
Ayahku ingin aku mendapatkan yang terbaik di sekolah..
Ayah adalah hal paling besar dalam hidupku..
Tapi..
DIA BERBOHONG..”

Sejenak kemudian kedua langkah ayah dan anak perempuannya ini terhenti.
Kemudian sang ayah melanjutkan membaca tulisan anaknya itu.

“Dia berbohong bahwa dia punya pekerjaan yang mapan..
Dia berbohong bahwa dia punya banyak uang..
Dia berbohong bahwa dia tidak lelah..
Dia berbohong bahwa dia tidak lapar..
Dia berbohong bahwa dia punya segalanya..
Dia berbohong tentang kebahagiannya.a
Dia berbohong karena AKU..”

Ayah dan anak perempuannya inipun menangis dan berpelukan.

Posted in Inspirasi Keluarga

Kisah Inspirasi Tentang Istri yang Berbakti

Sebelum pulang kantor, sang suami telp istrinya, “Sayang, alhamdulillah, bonus akhir tahun dari perusahaan sudah turun, Rp. 150 juta.” Dibalik telp, sang istri tentu saja mengungkapkan rasa syukurnya, “Alhamdulillah, semoga barokah ya mas”. Sejak beberapa bulan yg lalu mereka sudah merencanakan beli mobil sederhana untuk keluarga kecilnya. Dan uang yg turun mereka rasa cukup pas sesuai budget.

kisah tentang istri yang berbakti kepada suami

Namun dalam perjalanan pulang, dia ditelp oleh ibunya di kampung, “Nak, kamu ada tabungan? Tadi ada orang datang ke rumah. Ternyata almarhum ayahmu punya hutang ke dia cukup besar, Rp. 50 juta.” Tanpa pikir panjang, ia pun bilang ke ibunya, “Iya, Bu, insyaAllah ada.” Dalam perjalanan pulang ia pun sambil berpikir, “Nggak apa-apa lah, masih cukup untuk beli mobil yg 100 jutaan. Mungkin ini lebih baik.”

Ia pun melanjutkan perjalanan. Belum tiba di rumah, HP-nya kembali berdering. Seorang sahabat karibnya semasa SMA tiba-tiba menghubunginya sambil menangis. Sahabatnya itu sambil terbata mengabarkan bahwa anaknya harus segera operasi minggu ini. Banyak biaya yg tidak bisa dicover oleh asuransi kesehatan dari pemerintah. Tagihan dari rumah sakit Rp. 80 juta.

Ia pun berpikir sejenak. Uang bonusnya tinggal 100 juta. Jika ini diberikan kepada sahabatnya, maka tahun ini ia gagal membeli mobil impiannya. Tapi nuraninya mengetuk, “Berikan padanya. Mungkin kamu memang jalan Allah untuk menolong sahabatmu itu. Mungkin ini memang rezekinya yang datang melalui perantara dirimu.” Ia pun menuruti panggilan nuraninya.

Setibanya di rumah, ia menemui istrinya dg wajah yg lesu. Sang istri bertanya, “Kenapa, mas? Ada masalah? Nggak seperti biasanya pulang kantor murung gini?” Sang suami mengambil napas panjang, “Tadi ibu di kampung telp, butuh 50 juta untuk bayar utang almarhum bapak. Nggak lama, sahabat abang juga telp, butuh 80 juta untuk operasi anaknya. Uang kita tinggal 20 juta. Maaf ya, tahun ini kita nggak jadi beli mobil dulu.”

Sang istri pun tersenyum, “Aduh, mas, kirain ada masalah apaan. Mas, uang kita yg sebenarnya bukan yg 20 juta itu, tapi yg 130 juta. Uang yg kita infakkan kepada orang tua kita, kepada sahabat kita, itulah harta kita yg sesungguhnya. Yg akan kita bawa menghadap Allah, yg tidak mungkin bisa hilang jika kita ikhlas. Sedangkan yg 20 juta di rekening itu, masih belum jelas, benaran harta kita atau akan menjadi milik orang lain.”

Sang istri pun memegang tangan suaminya, “Mas, insyaAllah ini yg terbaik. Bisa jadi jika kita beli mobil saat ini, jsutru menjadi keburukan bagi kita. Bisa jadi musibah besar justru datang ketika mobil itu hadir saat ini. Maka mari baik sangka kepada Allah, karena kita hanya tahu yg kita inginkan, sementara Allah-lah yg lebih tahu apa yg kita butuhkan.”

***

Kawan, ada tiga pilihan hidup yg harus kita pilih dg sangat hati-hati. Yakni: pendidikan, pekerjaan, dan pendamping hidup. Bukan sekadar yg favorit kampusnya, tapi yg sesuai dg bidang yg ingin kita pelajari. Bukan sekadar yg gajinya besar, tapi yg sesuai dg passion yg ada pada diri. Bukan sekadar yg indah parasnya, tapi yg bisa menjadi penasehat, sahabat, serta perantara untuk mendekat pada Sang Pencipta.

Posted in Inspirasi Hidup

12 Gambar Motivasi yang Telah Menginspirasi Ribuan Orang

Kehidupan seseorang dapat berubah ketika orang tersebut punya keinginan kuat untuk berubah. Kapan keinginan kuat itu muncul? banyak penyebabnya. Bisa karena setelah mengalami sebuah kejadian yang begitu membekas dalam dirinya sehingga orang tersebut bertekad untuk mengubah hidupnya. Atau karena mengikuti sebuah seminar/pelatihan, membaca sebuah tulisan, atau bahkan karena melihat sebuah gambar.

12 Gambar Motivasi yang Sangat Menginspirasi

Nah, di bawah ini adalah kumpulan gambar-gambar motivasi yang sudah menginspirasi ribuan orang. 12 gambar ini diambil dari cerpen.co.id

Gambar Motivasi

Tanpa semangat untuk mencapai impian, maka kemalasan akan mengakar dalam diri kita. Semakin lama, akar ini akan semakin menancap ke dalam. Sampai suatu saat, akan sangat berat bagi kita untuk bisa bangkit.

Gambar Motivasi Hidup

Dalam hidup ini, kita harus bisa mencari sisi positif dalam setiap kejadian yang menimpa diri kita.

Gambar Motivasi diri

Belajarlah untuk berpikir kreatif, agar beban kita menjadi lebih ringan dan kita selangkah lebih maju di depan.

Gambar Kata Mutiara

Dalam sebuah ikatan, kita harus belajar untuk melepas keegoisan masing-masing pihak. Maka, masing-masing akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Jika tidak melepas keegoisan, maka tidak akan ada yang mendapatkan hasil.

Gambar Kata Motivasi

Apapun yang kita lakukan, Akan selalu ada orang yang mengomentari. Jangan berusaha memuaskan semua orang, cukup lakukan yang terbaik untuk orang yang kita sayangi.

Gambar Kata Kata Semangat

Bisa saja hari tersebut adalah hari terberat dalam hidupmu, tapi itu adalah hari yang paling memberikan hasil terbesar dalam hidupmu.

Gambar Kata Kata Mutiara

Alangkah indahnya jika kita bisa saling menopang.

Gambar Kata Kata Motivasi

Jangan menyerah, melangkahlah satu langkah lagi. Mungkin satu langkah itulah yang akan membawamu menuju keberhasilan.

Gambar Kata Kata Bijak

Jalan yang tidak ditempuh oleh kebanyakan orang, bisa jadi adalah jalan yang akan memberikan hasil lebih.

Gambar Kata Bijak

Kadangkala mempunyai banyak sumber daya tidak bermanfaat, jika kita tidak bisa memanfaatkan dengan baik sumber daya tersebut.

Gambar Gambar Motivasi

Adakalanya, orang yang mengulurkan tangan belum tentu benar-benar ingin menolong.

Foto Motivasi

Jika kita salah melangkah, pada akhirnya kita akan terpojok.

Itulah 12 gambar motivasi yang sangat inspiratif. Yuk, share gambar-gambar ini agar lebih banyak yang terinspirasi.

Posted in Inspirasi Bisnis

Pengusaha Itu Pejuang

Siapa bilang jadi pengusaha itu enak? Enak gundulmu..
Apalagi kalo usahanya kelas UKM, yang masih merintis, duit pas-pas-an.

Tiap tanggal 20 lewat, deg-deg-an:
-Kebayar gak ya gaji?
-Hutang dagang jatuh tempo.
-Penjualan menurun.
-Kerugian bulan lalu belum terbayar.

Kenapa gak ditutup aja kalo rugi?
-Kasihan sama nasib karyawan, apalagi yang loyal.
-Gak ada pilihan, tutup >> malah ninggalin hutang.
-Yakin akan ada titik balik.

Sementara itu..
-Karyawan tak peduli, kecuali hak dan gaji mereka.
-Tukang Pajak juga tak mengenal hutang kerugian sebelumnya, tahunya hanya keuntungan yang sekarang.
-Investor menanyakan, “Bagi hasilnya mana..? Laporannya mana?”. Sik ta, ini kapalnya mau nyungsep, koq minta laporan terus..!

Komplit deh..

pengusaha itu pejuang
Foto: PapaPia sebelum tranformasi brand

Beda kalo Anda jadi karyawan atau ‘bermental karyawan’, tak perlu peduli apa yang terjadi pada bossmu, yang penting dapurmu tetap ngepul.

Jika Anda masih karyawan dan ingin jadi pengusaha, maka sebelum Anda jadi pengusaha, berfikir dan bekerjalah seperti pengusaha. Bagi deg-deg-annya denganmu. Anggap itu perusahaanmu, gimana kalo rugi?

Biar kalo Anda jadi pengusaha nanti, jantungnya sudah kuat, database ilmunya paripurna, leadershipnya udah matang. Sehingga gak mulai dari nol lagi. Jadikan bossmu yang sekarang sebagai mentormu.

Hanya karyawan yang bermental pengusaha yang dapat memahami perjuangan seorang pengusaha.

Tentu nasehat ini berlaku untuk pegawai swasta, bukan untuk PNS, yang duit bossnya gak berseri. Ya iyalah.. Kapan kakanwil, menteri deg-deg an kekurangan duit bayar gaji dan tagihan? Opo tumon, he he he..

Selamat berjuang wahai pengusaha. Kamu layak dapat bintang..!

By: Jaya Setiabudi

Posted in Kata Kata Bijak

Dibalik Kesulitan Ada Kemudahan

Kita sering mendengar nasihat ini, Dibalik kesulitan ada kemudahan. Hal senada juga diungkap oleh ilmuwan ternama, Albert Einstein, “In the middle of difficulties, lying opportunities.” Dalam kesempitan, tersembunyi kesempatan.

Hal ini sebenarnya cukup banyak kita jumpai di mana-mana. Orang yang tadinya terimpit masalah, akhirnya malah mendapat banyak berkah. Orang yang tadinya biasa-biasa bahkan cenderung minus, malah menemukan banyak hal yang mampu membuatnya melaju terus.

Benarkah Dibalik kesulitan ada kemudahan? Atau dalam bahasa lain, seberapa tahan kita dalam menghadapi cobaan dan tantangan, sebelum benar-benar bisa menuai keberhasilan?

Di sinilah sebenarnya letak pembeda antara orang-orang yang berhasil dengan orang yang gagal. Mereka yang berhasil, mereka yang berani terus melaju, mereka yang tetap berjuang, mereka yang pantang menyerah, pada akhirnya benar-benar menuai hasil seperti yang didambakan.

dibalik kesulitan ada kemudahan

Bagaimana Agar Dibalik Kesulitan Ada Kemudahan?

Salah satu kuncinya terletak pada satu hal, yakni keluasan atau kelapangan. Ada sebuah ungkapan dari para leluhur dulu, kalau jadi orang, harus jembar segarane, jembar jagade, jembar pandelenge. Arti harfiah jembar segarane adalah luas hatinya, yakni dengan menjadi orang yang pemaaf. Jembar jagade artinya luas dunianya, mengandung makna luas pergaulan. Sedangkan jembar pandelenge artinya luas pandangannya, yang dimaksud agar kita meluaskan wawasan berpikir. Mari Kita bahas satu persatu.

Dengan melapangkan hati, kita juga akan menjadi pribadi yang adem ayem, karena setiap masalah bisa terselesaikan tanpa melibatkan emosi yang mendalam. Dengan begitu, kala ada singgungan yang mungkin menyakiti perasaan, tanpa diminta, secara responsif kita bisa segera mencairkan suasana. Di sinilah kedewasaan dan kematangan diri akan menjadi pembeda, sehingga diri kita akan mampu bergerak dengan lebih leluasa untuk menyelesaikan berbagai kesulitan.

Kalau bahasa sekarang, jembar jagade ini bisa diartikan dengan luasnya network atau jaringan yang kita miliki. Banyak masalah yang bisa kita selesaikan jika kita bisa berkolaborasi dengan rekan kita. Tentu di sini, diperlukan luas dan kualitas jaringan pertemanan kita. Kualitas jaringan pergaulan ini biasanya ditandai dengan kerelaan hati untuk saling membantu satu sama lain.

Orang dengan keluasan berpikir, biasanya juga akan lebih bisa menikmati hidup. Ibarat pepatah, banyak jalan menuju Roma, maka ketika satu jalan dirasa kurang berhasil, ia akan segera mencari jalan lain menuju tujuannya. Saat gagal, ia pun akan bangkit. Saat jatuh, ia pun akan bisa bangun segera.

Tentu, bagi beberapa orang, untuk menjadikan keluasan dan kelapangan dalam berbagai hal butuh dibiasakan. Bahkan, sering kali harus dipaksa. Namun, ketika kita sudah teruji dalam berbagai ujian dan tantangan, keluasan dan kelapangan itu akan muncul dengan sendirinya. Dan, ketika itu terjadi, semua halangan dan tantangan malah akan disyukuri, sebab dengan semua itu, kita malah dikuatkan, disuntik dengan vitamin yang akan membuat kita makin kuat menghadapi berbagai kesulitan.

Semoga dengan jembar segarane, jembar jagade, jembar pandelenge menjadi jalan agar dibalik kesulitan ada kemudahan yang kita temukan.

Posted in Inspirasi Hidup

Aku Tak Ingin Terkaya

Sebuah inspirasi yang luar biasa dari Mas Jaya Setiabudi. Selamat menyimak, Semoga bermanfaat

Aku Tak Ingin Terkaya

Bukan hal idealisme saya berkata seperti itu, karena memang gaya hidup saya tak terhitung mahal. Bagi Anda yang sering bertemu saya akan tahu gaya hidup saya. Pakaian yang saya beli tak lebih dari 500 ribu rupiah perpotongnya. Saya biasa dan nyaman makan selera Indonesia dan sering makan di pinggiran atau warung tradisional. Gak doyan steak dan sushi. Hemat kan?!

Begitu juga anak dan istri saya terbiasa dengan pola hidup sesuai ‘keperluan’ bukan ‘kegengsian’. Namun bukan brarti saya memilih yang murahan. ‘Nyaman’ adalah pilihan saya untuk pakaian. ‘Aman dan nyaman’ adalah pilihan saya untuk mobil, bukan karena untuk dipandang orang.

Hitung-hitung kebutuhan kami sekeluarga tak begitu besar, jadi buat apa saya berlomba-lomba kaya? Malah bingung ngabisinnya 🙂

“Kalo kaya bisa banyak sedekah Mas J”. Mungkin benar, tapi apakah jalan Anda menuju kaya, dengan memiskinkan orang lain atau mengayakan orang lain? Apakah benar gaya hidup Anda tak akan berubah drastis saat Anda menjadi kaya raya?

Jika sedekah adalah tujuan, kenapa harus menunggu kaya? Mendidik orang untuk mahir mengail, bukankah lebih langgeng daripada memberi ikannya?

Bagi saya kaya adalah bonus saja, bukan tujuan. Maka dari itu, saat berbisnis, saya utamakan memuaskan pelanggan saya dan menebar manfaat bagi sekitar.

Young Entrepreneur Academy, sekolah bisnis yang saya dirikan sejak tahun 2007, kenapa tidak saya franchise-kan? Kalo saya hanya mengejar duit cepat, saya akan teriak kepada 4000 alumni Entrepreneur Camp se-Indonesia, “Siapa mau ambil franchise atau lisensi YEA???”. In syaa Allah saya akan kebanjiran order.

Namun bukan itu tujuan kami, karena kami punya tanggung jawab mempertahankan kualitas, bukan mengejar kuantitas, IMPACT bukan IMAGE. Kami bermain di masa depan anak didik, bukan sekadar jual barang dagangan.

Yukbisnis juga begitu, bisa saja saya jual ke para kapitalis untuk digemukkan trafiknya dan digoreng lagi sahamnya. Kaya Raya lebih cepat, dijamin. Namun visi dan value kita jelas, bukan menjadi world class company seperti kebanyakan perusahaan, namun menjadi saluran rejeki dan jembatan manfaat bagi banyak orang. Dan tujuan akhirnya adalah menciptakan perekonomian mandiri, melepaskan Indonesia dari belenggu kapitalis.

Kami bahagia jika para member Yubi yang semula seorang TKW Hongkong, bisa pulang dan menjadi pebisnis online tanpa meninggalkan rumah.

Kami bahagia dengan lahirnya daster-preneur dan sarung-preneur yang sembari bisnis, masih punya banyak waktu untuk ibadah dan keluarga.

Jika ditanya tokoh pengusaha masa kini, saya merujuk ke Steve Jobs, bukan Bill Gates atau Waren Buffet. Karena bagi saya Jobs adalah pengusaha yang berorientasi memperbaiki kehidupan, memuaskan pelanggan. Jika Anda adalah pengguna Macbook, Ipad, atau produk Apple lainnya, maka Anda tak akan mudah pindah ke lain hati. Kenapa? Puas dan nyaman. Tak heran jika Apple menjadi merek termahal saat ini, meski Jobs sebagai founder pernah didepak oleh para investornya yang hanya berorientasi keuntungan jangka pendek.

jaya setiabudi

Jobs memberi solusi, untuk itu ia mengeluarkan biaya riset yang besar. Jobs menciptakan tren, bukan sekadar mengikuti tren untuk kaya. Jobs perfeksionis, menciptakan produk yang nyaman bagi pengguna dan memanjakan pelanggan.

“Merujuk pada tujuan akhir..”, kata Stephen Covey.

Apa tujuan akhir Anda? Jangan sampai bingung antara Tujuan, Jalan dan Kendaraan.

Posted in Cerita Inspiratif

Polisi yang Menilang Sahabatnya

Di sebuah kota, tinggallah seorang pemuda. Sebut saja namanya Joko. Suatu hari, saat sedang berkendara, ia melihat lampu lalu-lintas yang tak jauh di depannya sudah menyala kuning. Bukannya melambatkan laju mobilnya, Joko malah ‘tancap’ gas. Ia tahu, lampu merah di persimpangan itu biasanya menyala cukup lama dan karenanya ia enggan menunggu.

Begitu mendekati lampu lalu-lintas, nyala lampu kuning berganti menjadi merah. Karena berniat menerobos lampu lalu-lintas, Joko pun terus melaju. Namun setelah melaju tak berapa jauh dari persimpangan, tiba-tiba terdengar suara peluit keras sekali. “Priiiiiiitttt!”

Di seberang jalan, seorang polisi melambaikan tangan memintanya berhenti. Dengan hati terpaksa dan penuh dongkol, Joko menepikan kendaraannya. Dari kaca spion, ia memperhatikan polisi yang mendatanginya. Wajahnya familiar.

“Ah, itu kan Andi, teman SMA-ku dulu!” Joko merasa agak lega. Ia pun turun dari mobilnya dan menyambut Andi layaknya teman lama. “Hai, Andi. Senang sekali bisa ketemu kamu lagi!”

“Halo Joko,” sapa Andi. Namun, tidak ada senyuman di wajahnya.

“Maaf nih, karena aku lagi buru-buru, jadi terpaksa aku menerobos lampu merah,” Joko mencoba memberikan alasan.

Andi mengangguk. “Aku bisa mengerti. Tapi sebenarnya, kami sering memperhatikan kamu melanggar lampu merah di persimpangan ini.”

“Oh ya?” Joko memasang muka kurang senang. “Kalau begitu, silakan tilang saja!” Dengan kasar, Joko menyerahkan SIM-nya pada Andi. Kemudian, ia masuk ke dalam mobilnya sambil membanting pintu. Melalui sudut matanya, Joko melihat Andi menulis sesuatu di buku tilangnya. Hatinya jengkel, mengingat perlakuan teman lamanya yang dirasanya kurang simpatik itu.

Polisi yang Menilang Sahabatnya

Tak berapa lama, Andi mengetuk kaca jendela mobilnya. Joko membuka kaca jendela sedikit, mengambil surat tilang yang diselipkan melalui celah sempit itu, dan melemparnya begitu saja ke atas dashboard mobil. Andi tertegun melihat kelakuannya itu. Tapi, ia segera kembali ke posnya tanpa berkata apa pun.

Setelah tiba di tempat tujuan, sebelum turun dari mobil, Joko mengambil surat tilangnya. Tiba-tiba, ia menyadari SIM-nya terselip di situ. Dan kertas yang dikiranya surat tilang ternyata adalah secarik surat untuknya.

“Kenapa aku tidak ditilang?” Sambil terheran-heran, ia segera membaca isi surat Andi.

“Halo Joko, dulu, aku punya seorang anak perempuan. Sayangnya, dia sudah meninggal, tertabrak seorang pengemudi yang ngebut menerobos lampu merah. Mungkin kamu berpikir pelanggaran lalu lintas sebagai hal remeh. Namun bagiku, pelanggaran semacam ini adalah hal besar yang bisa mempengaruhi kehidupan orang lain. Jadi, aku harap kamu hati-hati dalam berkendara. Semoga selamat sampai di tujuan. Salam, Andi.”

Joko terhenyak. Air mata penyesalan bercampur kesedihan menetes dari matanya. Segera, ia memutar kendaraannya untuk kembali ke pos polisi di persimpangan tadi. Ia harus meminta maaf pada sahabatnya sekaligus berterima kasih karena telah mengingatkannya. Kali ini, ia mengemudikan kendaraannya dengan lebih cermat dan hati-hati.

Netter yang Bijaksana,

Manusia diciptakan berbeda-beda. Dengan menyadari hal itu, kita pun sepatutnya menyadari bahwa sering kali pula kita memiliki pandangan yang berbeda terhadap sesuatu hal. Seperti pada kisah ilustrasi di atas, kesukaan Joko untuk menerobos lampu merah yang baginya “menyenangkan” justru merupakan sebuah bencana bagi Andi karena pengalamannya yang pahit.

Karena kita tidak hidup seorang diri di dunia ini, kita seharusnya bersedia memperhatikan dan mempertimbangkan penilaian dan pengertian orang lain. Dengan sikap yang penuh kehati-hatian ini, hidup yang kita jalankan akan bermakna lebih baik dan berharga bagi diri kita sendiri juga orang lain di sekitar kita.

Kisah inspiratif di atas diambil dari Pak Andriewongso.

Posted in Inspirasi Hidup

4 Manfaat Bangun Pagi Lebih Awal

Menjadi seseorang yang rajin bangun pagi adalah hal yang mudah, tapi juga sulit. Mudah bagi Anda yang sudah terbiasa bangun di pagi hari. Dan sulit bagi Anda yang belum terbiasa. Tidak semua orang dapat bangun pagi lebih awal.

4 Kelebihan Orang yang Bangun Pagi

Namun inilah manfaatnya, jika Anda berhasil menjadi morning person:

Lebih Produktif

Dengan waktu yang lebih banyak untuk diluangkan di pagi hari, seseorang dapat menjadi lebih produktif. Banyak aktifitas bermanfaat yang bisa kita kerjakan di pagi hari.

Salah satunya, kita bisa menyusun dan melihat daftar rencana yang harus dilakukan hari ini dan bersiap melakukannya dari pagi.

tips semangat bekerja

Lebih Teratur

Orang yang rela membiasakan diri untuk bangun pagi untuk menuntaskan apa yang seharusnya dilakukan di hari itu, akan memiliki karakter yang mengutamakan keteraturan dalam hidup. Anda akan memiliki waktu teratur untuk berolahraga, juga sarapan dengan baik, berangkat kerja pun lebih rileks.

Lebih Sehat & Bahagia

Sebuah penelitian yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir menyatakan bahwa orang yang merupakan morning person, sekaligus juga menjadi orang yang bahagia dan sehat. Kenapa bisa lebih sehat? Salah satunya karena udara segar di pagi hari yang belum terkontaminasi dengan berbagai polusi. Kenapa bisa lebih bahagia? salah satunya karena pikiran segar yang belum terkontaminasi dengan berbagai masalah. 🙂

bahagia bangun pagi

Waktu yang berkah adalah waktu yang penuh kebaikan. Waktu pagi telah dido’akan khusus oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai waktu yang berkah.

Dari sahabat Shokhr, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”

Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengirim peleton pasukan, beliau mengirimnya pada pagi hari.

Sahabat Shokhr sendiri (yang meriwayatkan hadits di atas) adalah seorang pedagang. Beliau biasa membawa barang dagangannya sejak pagi hari. Dan Karena hal itu, dia menjadi pengusaha yang kaya dan banyak harta.

sukses dagang ala rasul

Lebih produktif dan menyegarkan, lebih teratur dan meringankan kesibukan, lebih sehat dan bahagia, dan mengundang keberkahan, itulah manfaat-manfaat tersembunyi dari bangun lebih awal.

Berat bangun pagi lebih awal? Kalau bangun lebih awal saja susah, gimana mau bangun rumah tangga? Hehehe. Yuk coba kita rutinkan. Nggak ada ruginya! Untung malah! So, siap bangun pagi lebih awal mulai besok? 🙂