Posted in Motivasi Hidup

Memperbaiki Diri Dengan PAKSA

Apakah Anda ingin memperbaiki diri? Jika iya, maka teruskanlah membaca artikel ini. Tapi jika Anda tidak ingin memperbaiki diri, maka tidak usah berhenti membaca artikel ini^_^

Memperbaiki diri berarti melakukan perubahan diri menjadi yang lebih baik. Dan hal ini pasti membutuhkan usaha. Nasib sebuah kaum tidak akan berubah kecuali kaum tersebut mau mengubah diri mereka sendiri.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki diri agar hari demi hari terjadi perbaikan dalam hidup kita yakni dengan PAKSA. Apakah PAKSA itu?

 photo memperbaikidirisendiri.jpg

Memperbaiki Diri Dengan Pray, Attitude, Knowledge, Skill, Action

Pray (Doa & Ibadah). Untuk memperbaiki diri, maka yang paling pertama & utama adalah dengan DOA. Dan tentu, yang paling penting juga kita harus memperbaiki kualitas ibadah kita dari waktu ke waktu. Memalukan jika sampai umur kita yang sekarang ini, kita hanya mengandalkan ilmu agama & ibadah sama dengan saat kita masih sekolah dasar. Lantas kapan kita mau naik kelas di hadapan-Nya?

Attitude (Sikap Mental Positif). Apakah saat bangun pagi kita langsung berdoa & bersyukur? ataukah malah mengeluh? Apakah kita mengawali hari dengan pesimis ataukah optimis? apakah kita lebih banyak mengumpat ataukah berbicara yang manfaat? jika kita ingin memperbaiki diri, marilah kita berusaha menghilangkn sikap mental negatif. Kalu saya sendiri untuk menambah sikap mental positif, saya menginstal aplikasi AW Multivitamin di Android saya. Setiap hari, kita akan mendapatkan multivitamin mental yang dikirimkan oleh Pak Andrie Wongso. Saya sarankan Anda menginstalnya juga.

Knowledge (Menambah Pengetahuan). Kalau kata om Steve Jobs, teruslah merasa bodoh. Dengan terus merasa bodoh, maka kita akan berusaha untuk menambah ilmu. Ketika seseorang sudah merasa pintar, masalah terbesarnya adalah dia akan seperti katak dalam tempurung. Merasa sudah tahu segala sesuatu, padahal banyak sekali di luar sana perubahan-perubahan yang menuntut kita untuk menambah ilmu dalam menghadapinya.

Skill (Semakin Terampil). Keterampilan merupakan ilmu yang dipraktekan. Ilmu yang telah kita miliki akan percuma dan sia-sia jika kita tidak menggunakan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita tingkatkan skill kita terutama dalam bidang yang telah kita tekuni.

Action (Bertindak semakin positif, produktif dan kontributif). Dalam melakukan action kita harus ikhlas, keras, cerdas, berkualitas, tuntas. Tugas kita bukan untuk menentukan hasil akan tetapi melakukan yang terbaik. Tapi yakinlah bahwa ketika kita memberikan action yang terbaik maka balasan terbaik pula yang kita dapatkan. Kalau kata Mas Jaya Setiabudi, Kita tidak tahu kapan ‘malaikat’ lewat, tapi jika kita terus melakukan yang terbaik, kita tidak akan terlewatkan oleh ‘malaikat’.

Demikian sedikit motivasi hidup kali ini, semoga bisa menambah semagat kita dalam memperbaiki diri.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *