Posted in Motivasi Hidup

Kunci Kesuksesan

Apakah Kunci Kesuksesan? Jika diringkas, maka ada 3 faktor yang menjadi kunci kesuksesan. Pembahasan ini saya ambil dari Kitab Anti bangkrut karangan Jaya Setiabudi.

Kunci Kesuksesan – 3 Faktor Penentu Kesuksesan

3 Faktor yang menjadi kunci kesuksesan seseorang adalah Faktor Bumi, Faktor Manusia, dan Faktor Langit.

Kunci Kesuksesan Pertama; Faktor Bumi

kunci kesuksesan Kunci Sukses yang pertama adalah Faktor Bumi. Faktor Bumi adalah ketetapan humum alam (Sunatullah) yang telah Alloh rancang sedemikian rupa. Mereka bekerja saling terkait dan memiliki banyak sekali ‘variabel’ yang tak habis untuk dipelajari. Jika kulempar batu ke atas, maka akan jatuh ke bawah. Jika aku menempuh jalan A, maka akan sampai di X. Sungguh mekanisme alam semesta yang sangat sempurna dan saling terkait.

Kunci Kesuksesan ke 2; Faktor Manusia

Faktor Manusia adalah ikhtiar kita untuk mempelajari sunatullah untuk menyempurnakan langkah-langkah. seperti mepelajari olmu ekonomi, pemasaran, keuangan, manajemen, dan lainnya. Tapi, sekuat-kuatnya belajar, kita tak akan bisa mengejar ‘variabel’ yang tak terhingga dana terus berubah dan bertamabah. Maka dari itu, manusia serta terbatas ilmunya. Adanya penemuan baru, seperti tablet PC saya, sudah menimbulkan butterfly effect di banyak hal. Alloh Maha Besar…

Kunci Kesuksesan ke 3; Faktor Langit

Kunci Sukses yang terakhir adalah Faktor Langit. Faktor Langit adalah Hak Alloh untuk memberi kemudahan atau hambatan meski tak sesuai dengan kewajaran hukum alam. Itulah sebabnya, perhitungan Anda belum tentu (bahkan sering) tak sesuai kenyataan.

———————

Belajar memang tidak ada habisnya. Terbukti ilmu Allah yang diturunkan di bumi saja tak terhingga variabelnya..

Wajar jika kita gagal dan jangan buru-buru mengatakan ‘takdir’, bisa jadi ilmu ‘bumi’ alias sunatullah ada yang terlewat.

Mengakui kekurangan terhadap keilmuan adalah kewajaran sebagai makhluk. Sejalan dengan mengakui kebesaran ilmu Allah. Justru saat terburu mengatakan ‘takdir’, jangan-jangan terbesit hati yang sombong, tak mau mengakui kekurangan ilmu.

Namun meski ‘Faktor Bumi’ sudah dikuasai, belum tentu berhasil, karena ada ‘Faktor Manusia’ yang mengamalkan. Banyak orang yang punya ilmu, tapi juga tidak dipraktekkan dengan benar. Itulah sebab kedua, kegagalan terjadi..

Faktor Manusia, misalnya: percaya berlebih hingga lepas kontrol, banyak alasan, malas, emosi, sombong.

Jika Faktor Bumi + Manusia sudah dijalankan dengan benar, saatnya bergantung kepada ‘Faktor Langit’ (benar-benar Tak Terduga). Faktor Langit bersifat ghoib, dimana kita ‘tersetir’, tak dapat menguasainya. Hanyalah iman jalan memahaminya..

Faktor Langit berhak atas ‘hasil’, Faktor Bumi & Manusia adalah kewajiban kita atas ‘proses’. Kita tak dapat mengatur Faktor Langit, tapi kita dapat ‘mencuri hati’ empunya langit..

Jika ‘pantas’ sudah disandang, hasil pasti datang, wujudnya bisa tak terbilang..

Demikian pembahasan dari Jaya Setiabudi tentang 3Faktor Kunci Kesuksean yitu Faktor Bumi, Faktor Manusia, dan Faktor Langit.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *