Posted in Inspirasi Hidup

Cara Menghadapi Masalah Hidup

Bagaimana cara menghadapi masalah? Setiap kita pasti mempunyai masalah dan persoalan hidup. Entah itu persoalan yang berat maupun ringan. Entah itu masalah dengan pasangan, dengan anak, dengan teman, masalah keuangan, dan berbagai masalah hidup lainnya. Ketika kita berada pada kondisi seperti itu, maka cara menghadapinya tidak lain adalah kita meminta pertolongan kepada-Nya, yang mengatur segala urusan.

Bagaimana Cara Menghadapi Masalah?

Disaat kita menghadapi suatu masalah, maka yang paling pertama dan utama adalah kita mengadu kepada-Nya. Sang penguasa alam semesta yang mengetahui masalah kita dan pasti Dia mengetahui pula solusinya.

berdoa ketika menghadapi masalah

Kita yakin Dia Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. Tidak mungkin sekecil apapun yang dirahasiakan oleh manusia Dia tidak mengetahuinya. Termasuk setiap masalah yang kita hadapi pasti Dia mengetahui.

Memohon pertolongan kepada tuhan

Setelah kita yakin bahwa Dia Sang Penguasa seluruh alam semesta, Maha Mengetahui, Maha Mendengar. Selanjutanya adalah kita berdoa. Kita utarakan semua masalah kita. Jangan katakan, “Wahai Tuhan, Aku punya masalah yang besar”. Tapi katakan, “Wahai Masalah, Aku punya Tuhan Maha Besar”.

Tuhan Maha Mendengar Keluhan Kita

Seringkali, setelah kita berdoa, kita tidak bersabar. Berharap semua masalah yang kita hadapi hilang begitu saja dengan keajaiban.

lari dari masalah

Namun ternyata kenyataannya, justru masalah yang kita hadapi terasa semakin berat dan banyak. Kita pun berkata dalam hati, “Tuhan bagaimana cara menghadapi masalah ini?”

cara menghadapi masalah

Pilihan ada di tangan kita. Apakah kita hanya diam saja menunggu keajaiban, ataukah kita terus melangkah. Kita harus yakin dibalik kesulitan ada kemudahan.

terus melangkah meski persoalan datang

Setelah kita melangkah meski diawali dengan keraguan, hasilnya seringkali di luar perkiraan kita sebelumnya.

menyelesaikan persoalan hidup

Ternyata masalah yang kita hadapi tidak seberat yang kita perkirakan sebelumnya. Perlahan tapi tapi, meski samar, kita mulai mendapat solusi.
masalah yang berat

Dan akhirnya, jalan terang di depan mata kita tampak jelas. Rasa optimis dan bahagia pun tumbuh dalam diri kita.

solusi dari masalah

Seberat apapun persoalan hidup yang kita hadapi, pasti ada cara menghadapi masalah itu dan pasti ada pula solusinya. Dengan usaha, tawakal, dan tidak mengumbar keluh kesah di media sosial, Berkeluh kesahlah hanya kepada-Nya

Sebagai penutup, Ada sebuah hadits yang layak untuk kita renungi bersama.

“Hendaknya salah seorang dari kalian meminta kepada Tuhannya seluruh kebutuhannya bahkan sampai untuk urusan memperbaiki tali sandalnya jika terputus” (HR At-Thirmidzi)

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *