Posted in Inspirasi Bisnis

Cara Memasarkan Produk – Simple But Powerful

Produk yang bagus, belum tentu laku di pasaran. Kenapa? Salah satunya karena tidak memiliki Cara Memasarkan Produk yang benar. Hal ini tidak hanya terjadi pada Usaha Kecil Menengah, bahkan Perusahaan besar pun bisa juga gagal menjual produk barunya ketika Cara Memasarkan Produk baru itu salah.

Lantas bagaimana Cara Memasarkan Produk yang benar? dibawah ini adalah artikel Cara Memasarkan Produk yang simpel tapi powerful. Ditulis oleh Jaya Setiabudi, seorang pengusaha kelas atas Indonesia yang telah puluhan tahun berkecimpung di Dunia Bisnis. Beliau juga sangat peduli tentang Iklim Kewirausahaan di Indonesia. Hal ini terbukti salah satunya beliau mendirikan Sekolah Bisnis Young Entrepreneur Academy (YEA) & YEA Virtual. Lebih detail, klik >> YEA Virtual

Tidak hanya itu, Jaya Setiabudi juga telah menerbitkan 3 buah buku berkaitan dengan entrepreneurship, yaitu

Cara Memasarkan Produk

Cara Memasarkan Produk – Simple But Powerful

Ok, langsung saja kita ke Cara Memasarkan Produk dengan cara yang simpel tapi powerfull. Tips Cara Memasarkan Produk ini ditulis oleh Jaya Setiabudi. Cara ini bisa dipakai untuk produk lama maupun sebagai cara memasarkan produk baru.

Banyak orang membuka usaha hanya modal berani, salahkah? Tidak, daripada tidak action. Namun segala sesuatu itu ada ilmunya. Saya banyak mengalami kegagalan usaha, karena pakai sistem trial error (banyakerror-nya). Karena itulah saya bertekad untuk mencari ’ilmunya’. Ternyata, dengan ’berhenti sejenak’, menyusun STRATEGI, kita dapat mengeleminasi kegagalan dan mengakselerasi kesuksesan.

Materi ini adalah materi revolusioner, karena terbukti berhasil mengajarkan marketing di YEA hanya dalam waktu 2 jam saja. Let’s start...

Demi Cinta…

Elang adalah perjaka yang tulus, pekerja keras dan setia. Ia menemukan seorang wanita yang telah lama dia impikan, Cinta (tanpa Laura). Masalahnya, Elang kalah start dengan Peter (tanpa Pan). Peter telah menjadi kekasih Cinta selama 2 tahun… Elang berprinsip selama janur kuning belum melengkung, masih ada harapan bagi dirinya… Apalagi Elang yakin bahwa dia bisa lebih membahagiakan Cinta dibandingkan Peter. Ciee... Jika Anda adalah Elang, apa yang akan Anda lakukan untuk mendapatkan Cinta? Jawab yaa… dalam 3 menit!

Cerita Perang…

Jika Anda adalah seorang Jendral dari sebuah kerajaan. Raja memerintahkan Anda untuk melakukan upaya pembebasan suatu wilayah dari penjajahan musuh. Apa yang akan anda lakukan untuk memperebutkan wilayah tersebut? Jawab yaa… dalam 3 menit!

Marketing adalah gambaran yang serupa dengan kedua kisah diatas… Jadi marketingadalah…………………………….

Banyak orang salah kaprah ’marketing’ adalah ’selling’… Tepatnya, Selling adalah bagian dari Marketing. Bagaimana dengan Promosi? Bagian dari Marketing juga.

Begini alurnya:

Positioning(Strategi)–> Promotion(Kampanye)–> Selling(Closing).

Mari kita perdalam PositioningPositioning adalah sesuatu yang terjadi pada benak konsumenbukan semata pada produk Anda. Paham atau bingung? Begini contohnya…

Apa bedanya nasi goreng kaki lima dengan bintang lima? Kaki lima berharga 8000 rupiah, bintang lima berharga 80.000 rupiah Koq bisa? Apakah telornya 10x lebih banyak? Padahal sama-sama 1 butir. Apakah ayamnya 10x? Nasinya 10x? atau rasanya 10x lebih enak? belum tentu! Terus apa bedanya? Bintang lima lebih higinis, rapi, tempatnya nyaman, timun dan tomatnya dipotong cantik sebagai hiasan. Masalah rasa, belum tentu menang! Apakah larutan penyegar Cap Kaki Tiga benar-benar dari cula badak? Belum tentu, tapi di benak konsumen meyakininya dan berkhasiat. Apa bedanya gula kiloan dengan merek Gulaku? Kenapa harganya 20% lebih mahal? Kenapa Coca Cola lebih laku dari Pepsi? Apa beda pisang Del Monte? Kacang 2 kelinci low cholesterol? Kacang Garuda juga tuh! Apa bedanya? 2 kelinci lebih dahulu mem-POSITIONING-kannya! Itulah yang disebut perang positioning. Al Ries  mengatakan bahwa Postioining adalah “Perang di benak konsumen” (bukan di produk).

Positioning adalah strategi memenangkan peperangan di benak konsumen. Positioning bukanlah asal dibuat dengan feeling.

Bagaimana cara menemukan positioning yang ampuh, hingga mengalahkan merek kompetitor lainnya? Berikut adalah metode yang mudah dimengerti untuk menemukan positioning.

Alurnya:

Specific Targeting –> Double SWing –> Differentiating –> Positioning

Jangan takut dengan istilahnya, kita buat simple!

————

OK, Bagaimana dengan Tips Cara Memasarkan Produk dari Mas Jaya Setiabudi ini? Keren Khan?

Karena pembahasan Cara Memasarkan Produk ini agak panjang, kita buat jadi 2 tulisan. Bagi yang ingin membaca bagian ke 2, silahkan klik >> Cara Memasarkan Produk Bagian 2

Comments

4 thoughts on “Cara Memasarkan Produk – Simple But Powerful

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *