Posted in Inspirasi Bisnis

Berbisnis itu sulit, sukses itu tidak mudah

Sebuah tulisan yang sangat Makjleb dan Inspiratif dari Pak Tanadi Santoso yang dishare di akun facebooknya. Saya share di sini semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

—————————–

Berbisnis itu sulit, sukses itu tidak mudah, kenapa begitu banyak orang masih percaya akan bisa sukses dalam 13 hari, menjadi kaya tanpa usaha, dan bisa jadi raja properti tanpa modal?

Selamat datang pada janji2 marketing, iklan yang memudahkan semuanya, seperti sekali pakai shampoo maka rambut anda akan gemilang indahnya. Itu kan hanya ada di angan2 saja. Kenyataannya rambut anda tetap kusut dan anda tidak jadi menawan.

Kesalahan terbesar terletak pada pola pikir instant, yang selalu merasa hidup ini bagai mie instant, dikasir air panas, dan langsung nikmat. Lha tanyakan kepada orang sukes, berapa banyak darah, keringat, dan air mata yang harus dilaluinya? Mana ada 10 jurus ampuh mudah menjadi sukses itu?

Mereka yang suskes sudah membayar “uang sekolah” nya lebih dulu, dengan kegagalan yang berkali kali, ditipu sahabat, di bohongi karyawan, diinjak pelanggan, ditekuk pesaing, dan dalam ketidak berdayaan tetap saja mencoba menguatkan diri dan berjuang.

Sebenarnya, semua sukses itu sulit, dan butuh keteguhan hati, ketekunan kerja, dan kemauan yang tidak pernah pupus. Yang mudah adanya hanya di buku, iklan, dan seminar. Hanya orang2 bodoh sajalah yang percaya segala sukses itu mudah dan semuanya akan selalu lancar.

Semua pelukis sukses harus menjalani kepahitan cemooh dan penolakan dan kegagalan yang bertubi, semua penulis sukses harus ditolak berpuluh kali oleh penerbit, seorang pebisnis harus gagal dulu berkali kali dalam bisnisnya.

Tapi tentu kita tidak akan berhenti, tidak akan menyerah, dan akan terus berjuang untuk mencoba menjadikan mimpi kita sebuah kenyataan. Dan buat beberapa gelintir orang yang akhirnya sukses, semua kepahitan itu akan terbayar dan semua “uang sekolah” kita, memberikan hasil yang hebat.

Kita lembur sampai malam, kita bangun sangat pagi, kita kerja extra keras, Sabtu Minggu kerja juga, kita terus menerus belajar, dan kita terus menerus bekerja, kerja, kerja. Salam semangat.

*Tanadi Santoso (Re-Post)

Comments

One thought on “Berbisnis itu sulit, sukses itu tidak mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *