Posted in Inspirasi Keluarga

Berbakti Kepada Orang Tua

Berbakti Kepada Orang Tua bukan hanya ditandai dengan cium tangan saat jumpa. Itu ekpresi yang teramat sederhana dan sangatlah mudah. Tugas kita dalam rangka berbakti kepada orang tua bukan hanya menghormati orang tua, tetapi juga membahagiakan orang tua.

Kita tidak akan pernah mampu membalas kasih sayang orang tua, karena tanpa mereka, kita tak akan lahir ke dunia. Jadi, walau ketika kecil seseorang tidak secara sempurna mendapat kasih sayang orang tua, sadarilah, tanpa mereka kita tidak akan pernah berkesempatan menikmati kehidupan di dunia.
kasih sayang orang tua

Berbakti Kepada Orang Tua – Membahagiakan Orang Tua

Jika tak mungkin membalas kasih sayang orang tua, tugas kita yang utama adalah membahagiakan orang tua. Bagaimana cara membahagiakan orang tua? Tanyakan kepada mereka, “Apa kebahagiaan terbesar yang mereka impikan?”

Apakah kita sudah dengan sungguh-sungguh tahu apa impian terbesar orang tua kita? Tahukan kita apa yang membuat mereka benar-benar bahagia?

Kita harus benar-benar menemukan jawaban yang keluar dari lubuk hati mereka. Banyak orang tua yang menjawab sekenanya karena  khawatir membebani anak-anaknya. Mereka bahkan kadang menjawab, “Anakku, melihat kamu bahagia, Bapak-Ibu sudah bahagia.” Bila kita mendapatkan jawaban ini, berarti kita belum menemukan jawaban yang sesungguhnya. Jawabannya harus tentang kebutuhan atau impian yang benar-benar ingin dilakukan atau dirasakan langsung oleh orang tua kita.

Apabila kita sudah yakin dengan jawabannya, fokuskan energi hidup kita untuk berbakti kepada orang tua kita, mewujudkan impian mereka. Kebutuhan hidup yang semakin tinggi terkadang menyebabkan banyak orang hanya fokus kepada diri sendiri. Menjadi makhluk egois, atau sibuk memperbaiki penampilan diri dan melupakan orang-orang yang telah berjasa dalam hidupnya.

Apakah kita sudah menemukan jawabannya? Dan, apakah kita telah berusaha keras mengerahkan seluruh energi untuk mewujudkan impian orang tua kita? Sungguh, walau berusaha keras siang malam untuk membalas kasih sayang orang tua, Kita tidak akan pernah sanggup membalas kasih sayangnya. Karena itu, lakukanlah hal kecil yang pasti akan membahagiakannya, yaitu kita membantu mewujudkan mimpi-mimpi hidupnya.

*Artikel terinspirasi dari Buku ‘ON’ karya Jamil Azzaini

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *